Jiwa Muda, Jiwa Perubahan

(Oleh Juanto)jiwa muda

            Jiwa merupakan hal yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata tapi kita dapat merasakan perbuatan dari jiwa, karena jiwa terdapat dalam raga seseorang. “man sana in corpore sano”,  di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Istilah ini merupakan istilah yang populer dikalangan atlet olah raga khususnya olah raga bulu tangkis. Sedangkan perubahan merupakan suatu hal atau suatu suasana yang berbeda dari bentuk awalnya, misalnya perubahan kepongpong menjadi kupu-kupu, kayu menjadi kursi, bodoh menjadi pintar  dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Didunia ini tiada waktu yang terlewati tanpa perubahan, baik perubahan dalam pengetahuan dan tekhnologi maupun perubahan dalam setiap sisi kehidupan. Siapakah yang menjadi dalang semua ini ? tentu ini semua berkat ijin dari Allah SWT, tetapi yang melakukannya adalah manusia yang di utus oleh Allah SWT untuk menjadi pemimpin dimuka bumi : Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu  pemimpin (penguasa) di muka bumi (QS SHAAD 38 ayat 26)  . Manusia yang bagaimana yang mampu membuat perubahan? Jika kita cermati, manusia yang mampu membuat perubahan didunia ini adalah mereka yang mempunyai jiwa muda yaitu jiwa yang tekun, jiwa yang pantang menyerah, jiwa yang selalu menginginkan kebaikan dimasa yang akan datang dan tidak ingin lagi mengalami keterpurukan seperti yang dirasakan pada saat ini. Jiwa muda itu tidak mesti anak muda, malah juga banyak anak muda yang tidak berjiwa muda tetapi anak-anak dan orang yang sudah tua juga bisa mempunyai jiwa muda. Namun pemudalah sosok yang terbanyak terinfeksi jiwa muda.

Rasullah Muhammad saw, sosok yang dipilih Allah swt sebagai panutan bagi umat akhir jaman merupakan sosok yang mempunyai jiwa muda, sosok yang tak luntur dari peradaban masa kini. Michael Faraday, sejak masih muda juga mempunyai jiwa muda sehingga dia mampu menemukan listrik yang sampai saat ini kita dapat merasakan dampak dari penemuannya. jika kita bayangkan hidup ini tanpa listrk, sungguh gelap dunia ini, gelap secara suasana juga gelap akan pengetahuan karena kita tidak akan pernah merasakan tekhnologi secanggih yang kita lihat dan kita rasakan pada saat ini. Lalu Mark Zuckerberg  yang membuat / mendirikan facebook, dia masih muda, namun dapat merubah dunia dengan membuat jejaring sosial, sehingga orang bisa berkomunikasi dengan orang banyak walau belum kenal dan jaraknya sangat jauh. Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi pengguna facebook terbesar di dunia dan penulis yakin pengguna itu lebih banyak dari kalangan anak muda.  Di indonesia sosok presiden pertama, yaitu bapak soekarno. Dia merupakan sosok yang selalu menjadi inspirasi bagi anak muda di indonesia. Bapak soekarno merupakan sosok yang juga berjiwa muda, dengan semangat kemerdekaannya, dan juga dengan semangat jiwa-jiwa muda yang lain . indonesia yang telah terjajah selama tiga setengah abad (350 tahun) dapat dilumpuhkan dengan jiwa-jiwa muda yang mempunyai keinginan untuk merdeka, jiwa yang berkobar api perubahan, jiwa yang selalu menginginkan kebaikan dimasa yang akan datang.

Dalam melakukan perubahan kita tidak bisa sendirian, kita mesti mempunyai tim yang sama-sama mempunyai jiwa muda. Tanpa adanya tim, mustahil kita bisa membuat perubahan. Mari kita buat perubahan dari lingkup yang kecil, dari tim yang kecil, untuk dampak yang kecil. Selanjutnya, mari kita gabungkan tim-tim kecil ini untuk meraih perubahan yang lebih besar. Jika tim yang kecil terus selalu membuat perubahan kecil. Maka, ketika tim kecil ini bergabung dengan tim kecil lainnya, tidak mustahil perubahan  yang besar akan diraih. perubahan besar dapat terjadi, jika semua tim mempunyai sosok-sosok yang tertanam jiwa semangat perubahan. kelompok atau tim kecil itu dapat berbentuk organisasi di setiap lini sosial. misalnya didesa, pemuda yang didesa mempunyai jiwa muda dengan membentuk dan mengembangkan organisasi karang taruna, walaupun hanya didesa, semangat perubahan tidak akan pernah luntur dari jiwa muda. Mahasiswa, mempunyai jiwa perubahan yang mestinya melebihi jiwa-jiwa muda yang tidak mengeyap pendidikan. Mahasiswa rantau harus mempunyai action  untuk perubahan daerahnya melalui berbagai hal yang dapat dilakukan, baik ketika masih menjadi mahasiswa maupun ketika sudah pulang kedaerah masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s