Orang Unggul Itu Punya Huruf “S”

            2wbsy35 (Oleh:  Juanto)

setiap hari kita bergaul dengan berbagai kalangan di berbagai lingkungan. dimulai dari lingkungan keluarga, ada ayah, ibu, abang, kakak, adik, sepupu, paman, bibik, om, tante, dan masih banyak lagi. di masyarakat, kita  bergaul dengan teman didesa, dipasar, diterminal,  ditempat rekreasi, dan masih banyak lagi. Di lingkungan kampus, kita bergaul sesama mahasiswa, dengan dosen, dekan, rektor, petugas keamanan yang sangar, panjaga kantin yang sebagian agak cantik, dan masih banyak lagi. Kita dalam kehidupan ini tidak dari bergaul atau bersosial. Maka, sungguh aneh jika ada orang yang tak mau bergaul dengan sesamanya, karena semua didunia ini kita tidak bisa bergerak sendirian, kita butuh teman atau sahabat yang selalu bisa kita hubungi kapan aja, saat kita merasa sulit maupun saat kita bahagia , kita butuh saudara yang bisa menjadi tempat dimana kita saling menasehati dan saling berganti tanggung jawab, kita butuh mitra kerja untuk menggapai tujuan hidup yang penuh dengan materi. dalam hal ini, Islam  menganjurkan agar kita berinteraksi sesama manusia melalui akhlak,  Allah Ta’ala berfirman, “Jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (Q.s.,al-a’râf:199) dan firman-Nya, “Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.”(Q.s.,Fushshilat:34)

            setelah kita melihat dan merasakan kehidupan di dunia ini, semua orang itu tidak ada yang sama, setiap hal punya tingkatan tersendiri, ada jelek dan cantik, ada kaya dan miskin, dan pilihan hidup lainnya. Ada satu kata, dimana seseorang telah berjuang dalam hidupnya, untuk meraih kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Kata tersebut ialah “SUKSES”. Kata sukses bisa kita tafsirkan berdasarkan kadar keberhasilan yang kita ingikan, karena setiap orang punya kadar tersendiri dalam mencapai kesuksesan. Tetapi ada beberapa orang yang unggul dalam kehidupan ini yang kita bisa merasakan dampak dari keunggulan mereka, diantaranya ialah PEMBISNIS, didalam masalah materi pembisnis merupakan orang yang di unggulkan dibandingkan profesi lainnya, orang terkaya disuatu daerah adalah pembisnis, orang terkaya di suatu negara bahkan di dunia ini adalah pembisnis. Jadi, jika ingin sukses materi maka jadilah pembisniS. Huruf S selanjutnya sering kita temui di kalangan masyarakat dan mahasiswa, yaitu AKTIVIS. Perbandingan Profesi seorang mahasiswa yang hanya sebagai akademisi dengan mahasiswa yang akademisi tetapi dia juga seorang aktivis mahasiswa, maka  yang lebih berkontribusi ialah mahasiswa yang akademis juga aktivis. Yang menjalankan roda organisasi intra dan ekstra kampus ialah aktivis mahasiswa yang akademis atau mahasiswa akademis yang aktivis, organisasi yang dikelola oleh mahasiswa begini terlihat lebih unggul di banding mahasiswa yang tidak unggul (tidak aktivis). Bahkah di indonesia, yang meruntuhkan rezim otoriter presiden soeharto (presiden kedua negara indonesia) ialah mahasiswa yang unggul, yaitu mahasiswa yang akademis serta AKTIVIS.  Huruf “S” yang terakhir sering kita rasakan di lingkungan keluarga. Keluarga yang bahagia, keluarga yang penuh dengan canda tawa, keluarga yang berkah, bahkan ada sebuah keluarga tidak terlihat pertengkaran didalamnya. Keluarga seperti ini merupakan keluarga yang unggul, pasti ada sosok yang mempunyai huruf “S” didalam tingkah lakunya dalam berkeluarga. apa tingkahlaku yang menggukan huruf “S” tersebut?. tingkahlaku yang menggukan huruf “S” tersebut  ialah ROMANTIS. Jika sebuah keluarga terdapat orang;orang yang romantis, maka dapat dipastikan keluarga tersebut lebih bahagia dari keluarga yang tidak mempunyai kata romantis. Keluarga yang romantis tidak akan pernah terdapat KDRT apalagi  perceraian. Tapi keluarga yang romantis ialah keluarga yang selalu merasakan kebahagian walau dalam keadaan susah ataupun senang, dalam keadaan sempit maupun lapang.

            Jadi, huruf “S” dalam tulisan ini ada tiga (3) yaitu PEMBISNIS, AKTIVIS, dan ROMANTIS. Penulis yakin pasti pembaca punya huruf “S” yang lainya. Maka, tuliskanlah huruf “S” tersebut pada kolom komentar dibawah tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s