Sejarah

Sejarah IPPEMATANG

       Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Tanoh Gayo (IPPEMATANG) merupakan organisasi dataran tinggi tanoh Gayo yang ada di Malang. Cikal bakal pembentukan organisasi ini telah dimulai pada tahun 2005. Saat itu, Mahasiswa Tanoh Gayo masih berjumlah 7 0rang. Ketujuh Mahasiswa itu kuliah di satu lembaga yakni di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang tepatnya di Jl Gajayana No 50. Atas inisiatif merekalah terbentuknya paguyuban tanoh gayo yang pertama di Malang yang diberi nama Himpunan Mahasiswa Gayo UIN Malang atau lebih dikenal dengan sebutan HIMAGUN. Paguyuban ini berpusat di UIN Malang dan kesertariatannya saat itu berada di Wisma Takmir Masjid Attarbiyah UIN Malang. Seiring dengan bergantinya waktu, pertumbuhan Pelajar Tanoh Gayo yang melanjutkan studinya ke kota  Malang dari tahun ketahun semakin meningkat dan letak mereka juga tidak satu lembaga. Mereka tersebar di beberapa  perguruan tinggi diantaranya, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Muhammadiyah Malang. Dilatarbelakangi perbedaan itulah, tepat pada tanggal 04 Oktober 2006 HIMAGUN berganti nama menjadi Himpunan Mahasiswa Gayo Malang (HIMAGAMA).
Bergantinya nama organisasi Gayo Malang menjadi angin segar bagi semua  mahasiswa, karena mereka merasa terayomi. Namun, seiring bergantinya waktu keberadaan  HIMAGAMA banyak di pertanyakan oleh masyarakat Tanoh Gayo yang ada di Malang. Di antaranya dari  Pemuda dan Pelajar, mereka merasa keberadaaan mereka tidak di perhatikan baik dalam permasalahan akademik maupun permasalahan yang bersifat informal. Sehingga hal ini berdampak pada kurangnya rasa kebersamaan diantara semua elemen masyrakat Gayo Malang. Di dasari hal itulah, pada tgl 28 Agustus 2007, disepakati perubahan nama dari Ikatan Mahasiswa Gayo Malang (HIMAGAMA) menjadi Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Tanoh Gayo (IPPMTG) Malang.
Ikatan Pemuda Pelajar Maasiswa Tanoh Gayo (IPPMTG) Tersusun dari empat kabupaten yakni Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Kabupaten Aceh Tenggara.
Kemudian pada tahun 2009 nama IPPMTG diganti kembali menjadi IPPEMATANG hal ini disebabkan karena banyaknya masyarakat  terasa sulit dalam mengingat dan  penyebutan nama IPPMTG, tapi nama IPPEMATANG sedikit pun tidak merubah esensi-esensi yang tercantum dalam IPPMTG, pada waktu keramat mupakat yang diadakan pada tanggal 30 agustus 2009 maka nama IPPMTG resmi diganti menjadi IPPEMATANG (Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Tanoh Gayo). Pada tahun 2012 anggota IPPEMATANG dari Kabupaten Gayo Lues memisahkan diri dari Organisasi IPPEMATANG dan membuat Organisasi sendiri, berdasarkan Keramat Mupakat Luar Biasa dan disetujui oleh seluruh anggota IPPEMATANG tepatnya pada tanggal 18 November 2012 Anggota IPPEMATANG dari Kabuaten Gayo Lues resmi keluar dari keanggotaan IPPEMATANG secara keseluruhan. Hingga saat ini IPPEMATANG tersusun dari tiga Kabupaten yakni Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tenggara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s